Rabu, 24 Januari 2018

Pengalaman Belanja di Bookdepository Part 1 (Paperback Books)

Walau sudah sering memantau website bookdepository dan 1001 cara melakukan pemesanan, saya belum pernah belanja disana, tentu dengan alasan logis.. Saya tidak membeli buku impor. Saya tidak tertarik membeli buku impor. Sampai akhirnya saya mulai membeli buku impor, website ini menjadi salah satu webstore yang tepat dengan dua alasan, harga yang kompetitif dan free ongkir.

Bookdepository ini berbasis di UK, namun pengirimannya dapat dilakukan dari UK, Canada, dan Australia. FREE ONGKIR! Asyik nggak? Kecuali jika nanti ditagih packing ulang oleh pihak POS (untuk random check) dan itu pun biaya-nya hanya 6-7rb saja.

Jadi, pemesanan pertama saya di bookdepository bermodalkan kartu kredit (pinjaman) dan nekat (ada resiko buku nggak nyampe kan). Saya membeli beberapa buku sekaligus, kalau sudah pakai kartu kredit masa beli cuma satu buku (cara berpikir yang aneh :p ). Kemudian saya mendapat email pemberitahuan paket sudah dikirimkan. Saya memesan enam buku dan bookdepo mengirimkan enam buku tersebut dalam enam paket. Iya, enam paket terpisah. Saya order 30 November 2017, dikirim 6 Desember 2017, paket tiba di Bandung tanggal 11, 12, 16 Januari 2018. Tentu saja lengkap dan saya bahagia.. hahaha..

Paket dikirim dalam packing kardus dan amplop ber-bubble (cek foto), berbeda jika membeli buku impor di periplus dimana buku disegel plastik, buku-buku dari bookdepo ini tidak disegel sehingga pinggiran sampul buku agak cacat ketika saya terima. Tapi saya terus menerus membaca mantra "murah ini murah.. masih worthed, masih worthed.." yah pengalaman ini termasuk bagus juga, buku diterima walau ada kekurangan sedikit, namun perbedaan harganya signifikan dengan yang ditawarkan periplus atau seller lain, terkecil hampir 50.000 per buku! Enam buku, minimal saya save 300rb-an. Worthed kan?!



Buku yang saya beli Master Keaton 1-6. Di foto sebelah, Master Keaton 7-12 saya beli di Periplus, tentu masih disegel plastik. Bisa kelihatan kan pinggiran jilid agak mengelupas pada buku 1-6 (klik untuk memperbesar foto). Itu adalah kekurangan yang harus diantisipasi saat membeli buku di bookdepo. Kalau saya kurang suka menerima kondisi buku demikian maka dari itu jika perbedaan harga tidak signifikan, saya tidak mau ambil resiko. Oh ya, buku Master Keaton ini saya beli saat ada promo untuk buku yang bersangkutan. Sudah lebih murah ditambah diskon pula.




Sebelum ini saya sudah pernah impor barang dari China jadi saya nggak newbie banget, yang buat saya deg-degan, bagaimana kondisi buku saat tiba. Jadi kalau soal resiko, saya hitung uang saya hilang sejak melakukan pemesanan. Jadi nothing to lose (biar nggak stres) dan ketika barang tiba kerasa banget super happy-nya. wkwkwk.. Dan kebetulan layanan POS ke tempat saya oke jadi kalau ada masalah yah lagi sial aja. Namun ternyata masih hoki :)

Ini pengalaman belanja saya di Bookdepo untuk pertama kalinya. Menyenangkan dan buat ketagihan. Hahaha.. Saya akan buat posting Part 2 karena saya sudah melakukan orderan lagi, kali ini boxset. Apakah boxset tersebut akan utuh tiba di Bandung? Dan saya melakukan pembayaran tanpa kartu kredit! Bagaimana caranya? Tunggu postingan berikutnya yaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Art Spiegelman: MAUS

Sebelumnya, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439H. Maaf lahir batin :)   Jika sudah mengenal novel grafis, sudah tentu pe...